Selasa, 08 Desember 2009

culture

  • makaNan Khas di JogJA

kalo org luar jogja pasti bilangnya gudeg, tapi kalo org jogja bilang ya tergantung kamu ada di jogja sebelah mana??? 1. kalo di daerah bebeng (kaki gunung merapi) disana ada minuman Wedang Gedhang. cocok diminum karena hangat dan banyak kalorinya karena memakai pisang. 2. kalo di kaliurang kamu bisa menemukan banyak pedagang tempe bacem dan jadah. 3. untuk anak nongkrong, sudah pasti jawabannya angkringan tugu. disana ada jadah bakar dan kopi joss (kopi yang didalamnya di sertakan arang yang masih membara).dan tempatnya rame banget....

  • trAdItiOnal PLaYinG


1. Ketapel
2. Main karet
3. Tap gunung
4. Egrang
5. Gobak sodor
6. Tap Benteng
7. Sepak tekong
8. Tulup
9. Meriam Bumbung
10. Blarak sempal
11. Gundu/kelereng
12. Yoyo
13. Gasing bambu
14. Panah2an dari ilalang
15. Do mi ka do
16. Mobil2an dari kulit jeruk bali
17. Gambaran/QQ/Taplek
18. Tap Garis
19. Bola gebok
20. Tap kebo
21. Adu jangkrik
22. Layang-layang
23. Petasan busi, ruji roda, banting
24. Kelomang/siput laut
25.etc,-


  • WhAt ArE U DoinG In THe JOgJA

JOgJA EdUcAtion


Rupanya, Jogja memang merupakan lahan yang subur bagi pertumbuhan perguruan tinggi di Indonesia. Di kota inilah cikal bakal pendidikan tinggi menemukan tempat yang tepat untuk tumbuh dan berkembang.




Mengunjungi situs ini akan lebih menyenangkan jika dilakukan pagi hari atau menjelang sore. Maklumlah, kompleks Kraton Ratu Boko berada di puncak bukit dengan ketinggian 196 meter di atas permukaan laut. Menyususri kompleks situs seluas 250.000 M2 ini serasa menikmati petualangan budaya.


di Kampung Taman, 500 m sebelah selatan kompleks Keraton Yogyakarta, pada 1578 pesanggrahan ini dibangun sebagai tempat bercengkerama dan menenangkan diri Sultan sekeluarga. Bukan hanya sebagai tetirahan, Tamansari juga dilengkapi lorong rahasia untuk berlindung dan menyelamatkan diri. Kompleks ini mulanya memiliki 57 bangunan, seperti kebun, gapura, danau buatan, kolam pemandian, kanal air, juga masjid dan lorong bawah tanah.


Meredupnya popularitas permainan tradisional biasanya dibarengi dengan merosotnya pamor dan keberadaan permainan itu. Tapi tidak demikian halnya dengan congklak atau dakon. Dolanan yang jadi kegemaran anak-anak perempuan ini, kini justru naek pangkat menjadi benda koleksi pendukung interior.
salah satu adat atau kehormatan sang rAMA... adalah balng kon yang selalu di pakainya.



baTik



motif terang bulan




motiF parang rusak
batik salah satu aset besar bagi kota istimewa ini,terutama dalm seni KARYA yang menjadikan adat kejawen lebih terlihat sakral,meskipun sudah ada mesin pembuat batik,tetap saja pengrajin batik tak kehilangan omsetnya yang lumaya menggiurkan dikarenakan batik tangan relatif mahal karena asli buatan tangan..









Tidak ada komentar: